Detail Berita

Rapat Koordinasi dan Evaluasi (RAKOREV) di Pimpin Wakil Walikota Manado

image

Wakil Walikota Mor D Bastiaan memimpin Rapat Koordinasi dan Evaluasi (RAKOREV) Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kota Manado Tahun 2018 di Ruang Rapat Tolu Pemkot Manado. Rabu (28/11/2018).

"Melalui RAKOREV ini diharapkan kita akan memperoleh informasi dan data yang akurat, aktual dan komprehensif tentang kondisi kemiskinan di Kota Manado saat ini, serta data evaluatif tentang pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan yang ditangani oleh masing-masing perangkat daerah. Data dan informasi ini sangat diperlukan dalam menentukan langkah langkah strategis yang akurat untuk menangani dan menanggulangi kemiskinan secara tuntas dan berkesinambungan".

"Berdasarkan data BPS Tahun 2017, angka kemiskinan Kota Manado sebesar 5,46%, ini mengalami kenaikan sebesar 0,22% jika dibandingkan dengan data Tahun 2016. Angka kemiskinan ini naik namun berada dibawah rata rata Angka kemiskinan Provinsi Sulut sebesar 8,10% dan skala nasional sebesar 10,12%. Ini menjadi kerja keras kita dalam mengurangi angka kemiskinan, terlebih lagi jika kita memperhatikan indikator makro ekonomi lainnya, seperti tingkat pengangguran yang masih relatif tinggi, yaitu sebesar 9.35%, yang bisa menjadi faktor penyebab meningkatnya angka kemiskinan.

Oleh karena itu kita harus terus bekerja keras dan bekerja cerdas untuk menaikan anggaran program kemiskinan di tahun 2019 sekitar 35% dari total belanja langsung serta optimalisasi penanganan dan penanggulangan kemiskinan melalui Lembaga yang bertugas menjalankan koordinasi dan pengendalian pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan di Kota Manado". -Wawali Mor